Logo

Tupoksi PPID

images

PPID mempunyai tugas, fungsi dan wewenang sebagai berikut:
a.    Tugas: merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan Pemerintah Kota Blitar.
b.    Fungsi yaitu:
1)    Penghimpunan informasi publik dari seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Blitar;
2)    Penataan dan penyimpanan informasi publik yang diperoleh dari seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Blitar ;
3)    Pelaksanaan konsultasi informasi publik yang termasuk dalam kategori dikecualikan dari informasi yang terbuka untuk publik;
4)    Advokasi sengketa informasi.
c.    Wewenang yaitu:
1)    Menolak memberikan informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
2)    Meminta dan memperoleh informasi dari unit kerja/komponen satuan kerja yang menjadi cakupan kerjanya;
3)    Mengkoordinasikan pemberian pelayanan informasi dengan PPID Pembantu dan/atau Pejabat Fungsional yang menjadi cakupan kerjanya;
4)    Menentukan atau menetapkan suatu informasi dapat/tidaknya diakses publik;
5)    Menugaskan PPID Pembantu dan/atau Pejabat Fungsional untuk membuat, mengumpulkan, serta memelihara informasi dan informasi untuk kebutuhan organisasi.

 

Sumber : Keputusan Walikota Blitar Nomor 188/142/HK/410.010.2/2017