Logo
images

Tegakkan Perda Usaha Tempat Kos, Satpol PP Kota Blitar Gencarkan Sosialisasi

Blitar Kota –  Pemerintah Kota Blitar melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) terus berupaya, agar pelaksanaan Perda tempat kos berjalan dengan baik. Salah satunya diwujudkan dalam sosialiasi di tiga kecamatan, muali dari Sukorejo, Sananwetan, dan Kepanjenkidul.

Kepala Satpol PP Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan, sosialisasi Perda tempat kos sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Tujuannya, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan pelaku usaha, terkait aturan usaha tempat kos itu sendiri. Hakim menjelaskan, selain mengatur tentang perizinan, Perda tempat kos juga memuat beberapa aturan lain. Misalnya terkait tata tertib penghuni dan pemilik tempat kos. Yang mana setiap pemilik harus menunjuk pengelola tempat kos yang merupakan warga setempat, pengelola harus ikut tinggal di tempat kos, dan bertugas mengawasi penghuni kos.

Hakim mengaku setelah sosialisasi, pihaknya akan melakukan penertiban di beberapa usaha tempat kos. Hal ini dilakukan untuk memantau dan mencegah penyalahgunaan tempat kos. Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran pemilik usaha dalam mengurus izin. Menurut Hakim, dari 500 tempat kos yang ada di Kota Blitar, masih 30% yang sudah mengantongi izin.       

“Untuk pemilik usaha tempat kos kita dorong untuk segera memenuhi izinnya. Kami Satpol PP juga berencana untuk menyapa pengusaha tempat kos, untuk memantau dan mendorong agar yang belum berizin segera mengurus. Jika pemilik usaha tidak mengindahkan teguran, tentu nanti akan dikenai sanksi sesuai dengan aturan yang berlalu,” kata Hakim.

Hakim mengaku akan terus melakukan sosialisasi, mengingat potensi usaha tempat kos di Kota Blitar sangat besar. Apalagi tahun depan, pembangunan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Putra Sang Fajar  dimulai. Tentu hal ini akan berdampak pada jumlah tempat kos di Kota Blitar. (Kir)


TAG

Dipost Oleh PPID Pemkot Blitar

Administrator website PPID Pemkot Blitar

Tinggalkan Komentar