Logo
images

SMPN 01 Kota Blitar Deklarasikan Program Sehari Berbahasa Jawa Dukung Serenada

Kota Blitar - Siswa-siswi SMPN 1 Kota Blitar melakukan deklarasi program sehari berbahasa jawa, Sabtu (06/08/2022). Program ini dimaksudkan untuk mendukung program Blitar Keren dan Sekolah Religius, Nasionalis dan Berbudaya (Serenada) dan juga upaya melestarikan budaya sekaligus membentuk karakter siswa-siswi agar lebih sopan, santun, dan menghormati yang lebih tua, .

Kepala SMPN 1 Kota Blitar, Juli Setyanto menuturkan bahwa deklarasi sehari berbahasa jawa diawali dengan pelaksanaan upacara menggunakan bahasa jawa di sekolah. Semua siswa mengenakan pakaian jadul, kemudian dilanjutkan dengan pemukulan gong hingga penandatanganan di papan oleh siswa, guru dan Kepala Sekolah. 

Ia juga menyebutkan deklarasi program sehari berbahasa jawa ini menjadi salah satu implementasi visi program Blitar Keren dan Sekolah Religius, Nasionalis dan Berbudaya (Serenada). Nantinya program sehari berbahasa jawa dilaksanakan setiap hari Sabtu.

"Kastanya bahasa jawa banyak, mulai ngoko kasar, alus dan krama inggil. Dengan mengenal ini mereka tau bagaimana cara menggunakan bahasa jawa yang baik dan benar" ujarnya. 

Sementara itu salah satu siswa SMPN 1 Kota Blitar, Bisma Ferdinan mengaku senang dan ingin belajar berbahasa jawa dengan baik dan benar. Menurutnya, mengenal beberapa kasta bahasa jawa mulai ngoko kasar, halus, hingga krama inggil akan memudahkannya dalam menghormati lawan bicaranya. 

Bisma menyebut belajar berbahasa jawa dengan baik dan benar sedikit sulit. Namun, pihaknya optimal jika dilakukan secara rutin dan disiplin maka bisa dilalui dengan mudah. 

"Saya sangat senang dan ingin belajar berbahasa jawa dengan baik dan benar. Menurut saya bahasa jawa krama inggil yang sulit" kata Bisma.

Sementara itu, program sehari berbahasa jawa ditetapkan di SMP Negeri se-Kota Blitar untuk melestarikan budaya jawa. (Fan)



Dipost Oleh PPID Pemkot Blitar

Administrator website PPID Pemkot Blitar

Tinggalkan Komentar