Logo
images

Selamatan di Makam Leluhur dan Ritual Kirap Isi Bersih Desa

Blitar Kota –  Selasa, (17/09/2019), rangkaian kegiatan Bersih Desa di Kelurahan Turi kecamatan Sukorejo kota Blitar, diisi dengan Selamatan di Makam Leluhur. Mulai pukul 11.00 hingga 12.00 WIB selamatan dilaksanakan di Makam Eyang Barat Ketigo. Dilanjutkan dengan prosesi ritual kirab. Setelah prosesi ini selesai, dilanjutkan dengan pelaksanaan Pawai Budaya, mulai pukul 12.00 hingga 15.00 WIB.  

Hal ini disampaikan oleh Lurah Turi Kecamatan Sukorejo Kota Blitar Bambang Irawan. Menurutnya, Kirab diisi dengan Pasukan Pembawa Bendera Merah Putih dan Drumband.

Panji kelurahan bersama para punggawa kelurahan, pengurus RT, RW, LPMK, Toga, Tomas. Kirab 4 gunungan simbul 4 RW se Kelurahan yang berisi hasil pertanian. Dilanjutkan dengan penampilan potensi unggulan berupa Batik Kembang Turi, yang keberadaannya cukup bagus, dengan hasil produk dari masyarakat. Berhasil meraih juara 3, pada tingkat Kota Blitar pada Pawai Kebangsaan HUT ke 74 Kemerdekaan RI Agustus lalu. Masing masing RW juga menampilkan kreativitasnya.

“ Selamatan di Makam Eyang Barat Ketigo dan Pawai Budaya ini selalu dilakukan setiap tahun. Karena di kelurahan ini ada dua pepunden atau leluhur, sebagai ritual yang tidak bisa ditinggalkan, selain Selamatan di Makam Eyang Barat Ketigo, juga di Makam Mbah Singo. Hanya saja untuk selamatan di makam ini dilaksanakan sehari sebelumnya,”kata Bambang.

Setelah kirab selesai, mulai pukul 16.00 WIB hingga jelang Maghrib dilaksanakan Selamatan Baritan di Balai Kelurahan Turi.(Der)


TAG

Dipost Oleh PPID Pemkot Blitar

Administrator website PPID Pemkot Blitar

Tinggalkan Komentar