Logo
images

Rangkaian Kegiatan Bersih Desa Kelurahan Sentul Diawali Doa Bersama

BLITAR - Sama dengan kelurahan lain di Kota Blitar, setiap tahun masyarakat Kelurahan Sentul menyelenggarakan acara bersih desa. Dilaksanakan pada hari Kamis Kliwon malam Jumat Legi pada bulan selo. Tahun ini bertepatan dengan tanggal (03/08). Bersih desa sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berharap selalu dijauhkan dari marabahaya.
Sutrisno panitia bersih desa Kelurahan Sentul pada Selasa (01/08), mengatakan bahwa rangkaian acara bersih desa, dimulai Selasa malam (01/08) berupa pembacaan yasin tahlil dan doa bersama. Dilaksanakan di kantor kelurahan, diikuti para perangkat kelurahan bersama masyarakat. Dilanjutkan dengan kirab budaya nusantara, pada hari Rabu siang (02/08). Sebagai peserta kirab, merupakan warga yang tergabung di masing-masing RW. Diberikan kebebasan dalam hal berbusana, asalkan bertema nusantara. Start di lingkungan Jati Malang, dan berakhir di pertigaan Jalan Dr. Mohamad Hatta-dr. Wahidin. Setelah itu dilanjutkan dengan “nyadran” dimakam Eyang Randu Putih.
Menurut Sutrisno, rangkaian kegiatan bersih desa digagas dan dilaksanakan oleh masyarakat, dengan difasilitasi oleh pemerintah kelurahan. Sebagai puncak bersih desa, pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Bambang Tribawono, Kamis malam (03/08) didepan Kantor Kelurahan Sentul. Sore harinya juga digelar pameran dan bazaar murah serta pertunjukkan seni kulintang dan keroncong.
Selain rangkaian kegiatan itu, masyarakat dilingkungan Jati Malang juga berpartisipasi  dengan menggelar dua kegiatan, tanggal (04/08) langen tayub dan tanggal (12/08) pengajian oleh Ustad Nasrodin Mubin.(ram)

TAG

Dipost Oleh PPID Pemkot Blitar

Administrator website PPID Pemkot Blitar

Tinggalkan Komentar