Logo
images

Puluhan Pohon Tumbang, Pemkot Blitar Tafsir Kerugian Capai 800 Juta Rupiah

Blitar Kota - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Blitar Jumat sore, (21/02/2020). Puluhan pohon di tiga Kecamatan Kota Blitar, yaitu Kecamatan Kepanjenkidul, Kecamatan Sananwetan dan Kecamatan Sukorejo, dilaporkan tumbang dan merusakan sejumlah rumah warga, warung, fasilitas umum, kendaraan bermotor dan jaringan listrik.

Supriadi, Kabid Penanggulan Bencana Daerah, Bakesbangpol dan PBD Kota Blitar mengatakan setidaknya terdapat 73 pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang. Paling banyak terjadi di Wilayah Kecamatan Sananwetan, pohon tumbang mencapai 36 peristiwa, sembilan diantaranya terjadi di sepanjang Jalan Kenari. Di wilayah ini, pohon tumbang juga menimpa tiga rumah, tiga toko dan satu ruang kelas SD Negeri Rembang 1 Kota Blitar. Sementara untuk wilayah Kecamatan Sukorejo, terdapat 20 pohon tumbang yang menimpa satu rumah warga, satu sepeda motor, dua warung, beberapa pagar dan memutus kabel listrik. Sedangkan 22 pohon tumbang lainnya terjadi di Kecamatan Kepanjenkidul yang menimpa satu rumah warga, dua warung, beberapa pagar dan terdapat sejumlah kabel listrik yang rusak.

“Satu ruang kelas yang tertimpa pohon tumbang di SDN Rembang satu. Angin kencang juga menyebabkan baliho dan neon boar roboh, ” kata Supriadi.

Berdasarkan data Bakesbangpol dan PBD Kota Blitar, kerugian yang disebabkan peristiwa tersebut mencapai 800 juta rupiah. Supriadi mengatakan,dinas setempat masih terus melakukan pendataan dan normalisasi disejumlah titik di Kota Blitar, dibantu Aparat Kepolisian, TNI, Kelurahan dan Kecamatan dan sejumlah relawan Bakesbangpol dan PBD. Supriadi menghimbau agar masyarakat tetap waspada karena Wilayah Jawa Timur saat ini memasuki puncak musim penghujan, sehingga potensi hujan deras disertai petir dan angin kencang masih tinggi. (Kir)


TAG , , ,

Dipost Oleh PPID Pemkot Blitar

Administrator website PPID Pemkot Blitar

Tinggalkan Komentar