Logo
images

Pjs Wali Kota Blitar Siap Tindak Lanjuti PU Fraksi DPRD Terkait Raperda APBD 2021

Blitar Kota - Rabu, (14/10/2020), DPRD Kota Blitar menggelar rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Pandangan Umum (PU) Fraksi Tentang Raperda APBD 2021, dan Tanggapan atau Jawaban Wali Kota Tentang PU Fraksi DPRD Kota Blitar. Rapat dipimpin langsung Syahrul Alim-Ketua DPRD Kota Blitar, Rabu 14 Oktober 2020, di Gedung Graha Paripurna DPRD Kota Blitar.

Penyampaian PU fraksi ini menjadi lanjutan rapat paripurna pekan lalu, dengan agenda Penjelasan Wali Kota Blitar tentang Raperda APBD 2021. Dari empat fraksi di DPRD, 3 diantaranya menyampaikan dalam bentuk dokumen. Yaitu fraksi Indonesia Bersatu, fraksi PDI-P, dan fraksi PPP. Sedangkan fraksi PKB menyampaikan PU secara langsung. Secara umum, fraksi DPRD Kota Blitar meminta agar APBD 2021 dimanfaatkan untuk pemulihan dampak pandemi Covid-19. Tidak hanya itu, anggaran juga harus diarahkan untuk peningkatan kesejahteraan, pemenuhan layanan kesehatan dan pendidikan Kota Blitar sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021 Kota Blitar. Termasuk penuntasan beberapa kegiatan dan program Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2016-2021.  Diluar subtansi, DPRD juga meminta Pemerintah Kota melalui penguatan pelayanan OPD, dengan Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik (SPBE).

Menanggapi hal tersebut, Jumadi, Pjs. Wali Kota Blitar mengatakan, sudah mengakomodasi semua PU fraksi DPRD, termasuk penyusunan batang tubuh APBD 2021, yang memerlukan penyesuaian dengan aturan-aturan baru. Termasuk beberapa program kerja yang tertuang dalam RPJMD 2016-2021 yang belum tuntas tahun ini, akan dimaksimalkan pelaksanaannya tahun depan. Jumadi juga mengaku secara rutin sudah menjalin koordinasi dengan Sekretaris Daerah dan jajaran OPD untuk  mengoptimalkan layanan dan program berjalan.

“Akan kita koordinasikan dan bahas seluruh PU fraksi tapi  memang semua kan harus bertahap,” kata Jumadi.

Sementara itu, rapat paripurna diikuti oleh jajaran forkopimda, Sekretaris Daerah Kota Blitar, jajaran Kepala OPD, dan anggota DPRD Kota Blitar. (Kir)



Dipost Oleh PPID Pemkot Blitar

Administrator website PPID Pemkot Blitar

Tinggalkan Komentar