Logo
images

Pendaftaran PPDB Jalur Prestasi Tingkat SMP di Kota Blitar Dibuka

Blitar Kota - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi telah dibuka mulai 24 sampai 26 Februari 2020. Diperuntukkan bagi lembaga pendidikan setingkat SMP, proses pendaftaran PPDB jalur prestasi dilimpahkan sepenuhnya ke masing - masing sekolah. Demikian disampaikan Didit Hidayat, Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kota Blitar saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa, (25/02/2020).

Didit mengatakan kuota yang disediakan untuk jalur prestasi ini sebesar 10%. Jenis prestasinya juga diserahkan ke masing - masing sekolah karena pihak sekolah yang berwenang melakukan pembinaan berkelanjutan. Dinas Pendidikan juga memberi kebebasan bagi sekolah untuk menentukan jenis - jenis prestasi yang dibutuhkan sesuai keunggulannya masing - masing. Misalnya sekolah yang punya keunggulan di bidang kesenian, bisa menerima siswa berprestasi kesenian lebih banyak. Sementara itu, jalur prestasi sendiri merupakan jalur tambahan di PPDB tahun 2020 sesuai instruksi dari Kementerian Pendidikan.

“Jalur prestasi ini untuk memberikan kesempatan siswa berprestasi memilih sekolah sesuai dengan kemampuanya, ” kata Didit.

Dikonfirmasi terpisah Akhiyadi, Wakil Kepala SMPN 1 Kota Blitar Urusan Kesiswaan mengatakan, SMPN 1 membuka pendaftaran jalur prestasi bidang akademik dan non akademik. Jalur prestasi akademik meliputi Lomba OSN dan mata pelajaran. Sementara jalur prestasi non akademik meliputi seni tari, seni lukis, seni musik dan baca Alquran.

Akhiyadi menyebut, kuota jalur prestasi yang dibutuhkan SMPN 1 Kota Blitar sebanyak 29 siswa, dengan rincian empat siswa jalur prestasi akademik dan 25 siswa jalur prestasi non akademik. Sampai saat ini sudah ada 53 pendaftar jalur prestasi akademik dan 41 pendaftar jalur prestasi non akademik.

“Untuk jalur prestasi akademik hanya menyerahkan sertifikat atau piagam pernah mengikuti lomba OSN dan mata pelajaran. Kami juga membuka jalur prestasi hafiz atau hafal Alquran. Kuota jalur prestasi hafiz hanya dua siswa. Minimal, siswa yang ingin mendaftar jalur prestasi hafiz harus hafal dua juz, ” tegas Akhiyadi.

Selain jalur prestasi, penerimaan PPDB tahun 2020 untuk tingkat SMP juga memiliki tiga jalur lain, yaitu jalur zonasi, pindah tugas dan jalur afirmasi (siswa tidak mampu). (Kir)


TAG , , ,

Dipost Oleh PPID Pemkot Blitar

Administrator website PPID Pemkot Blitar

Tinggalkan Komentar