Logo
images

Pemkot Blitar Dorong Kesadaran Pengelolaan Arsip Keluarga, Melalui Dharma Wanita dan Kader PKK

Blitar Kota - Selasa (03/03/2020), Pemerintah Kota Blitar dorong kesadaran pengelolaan arsip keluarga, salah satunya melalui sosialisasi pengelolaan arsip keluarga oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Acara ini melibatkan anggota dharma wanita dan kader PKK sebagai peserta, di Balaikota Kusumowicitro.

Muchson, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Blitar mengaku baru kali ini melakukan sosialisasi kearsipan bagi anggota dharma wanita dan kader PKK. Tujuannya untuk memberikan pemahaman pentingnya pengelolaan dan pemeliharaan arsip keluarga. Muchson menilai pengelolaan arsip keluarga selama ini sering dianggap sepele. Padahal langkah itu sangat penting, karena menurunkan potensi kerusakan dan kehilangan dokumen penting keluarga. Arsip keluarga yang dimaksud meliputi sertifikat tanah, ijazah, akta kelahiran, kartu keluarga, dan lain-lain.

Muchson menjelaskan, pengelolaan arsip keluarga secara sederhana bisa menggunakan document keeper. Anggota dharma wanita dan kader PKK, sebagai ibu rumah tangga bisa mengekelompokkan arsip sesuai peruntukannya, misal arsip pendidikan, arsip pekerjaan, arsip kesehatan, arsip aset, dan lain-lain.

“Selama ini kita rutin melakukan sosialisasi, tapi masih ke lembaga atau OPD, untuk dharma wanita dan PPK masih pertama kali ini. Kita harapkan karena ibu-ibu ini pasti lebih tlaten ya untuk mengurus keperluan rumah tangga, semoga nanti ibu-ibu bisa mengelola dan memelihara arsip keluarga,” kata Muchson.

Muchson menambahkan, pengelolaan arsip yang baik akan berdampak positive bagi keluarga itu sendiri. Bukan hanya sebagai catatan keluarga dan aset penting, tapi juga sebagai sumber pendidikan keluarga, sumber pengambilan keputusan keluarga, dan sebagainya. (Kir)



Dipost Oleh PPID Pemkot Blitar

Administrator website PPID Pemkot Blitar

Tinggalkan Komentar