Logo
images

Pembangunan Lapas Baru di Kelurahan Sentul, Pemkot Blitar Siapkan Administrasi Hibah

Kota Blitar - Rencana relokasi Lapas Kelas II B Blitar nampaknya akan segera direalisasikan oleh Kementerian PPN/BAPPENAS RI. Usai melakukan kunjungan dan survey di tiga lokasi, lahan di Kelurahan Sentul yang nantinya diusulkan sebagai lokasi lapas baru. 

Kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Blitar, Widodo Saptono Johanes pada Senin (04/07/2022) mengaku BAPPENAS RI dan Kanwil Hukum dan HAM Jatim memilih Kelurahan Sentul sebagai lokasi Lapas Kelas IIB Blitar. Lahan seluas 30.000 m² atau 3 hektar itu dipilih karena sesuai dengan indikator pembangunan Lapas, yaitu jauh dari pemukiman serta luas lahan yang mencukupi. 

Saat ini Widodo sedang menyiapkan administrasi untuk proses hibah tanah, sebelum pengkajian lahan. Sesuai rencana, nantinya Kemenkumham juga akan menghibahkan ex-Lapas Jalan Merapi ke Pemkot Blitar yang akan dimanfaatkan untuk peningkatan fasilitas umum di Kota Blitar.

"Kalau dari hasil survey kemarin, dipilih lokasi Kelurahan Sentul sebelah timurnya lapangan untuk lokasi Lapas yang baru. Saat ini kita siapkan administrasi hibahnya, nanti semua aspek juga dikaji," tegas Widodo. 

Relokasi Lapas Kelas II B Blitar dinilai perlu, sebab saat ini Lapas Kelas II Blitar sudah overload. Dari 185 kapasitas yang disediakan saat ini terisi sampai 554 orang. 

(fik)



Dipost Oleh PPID Pemkot Blitar

Administrator website PPID Pemkot Blitar

Tinggalkan Komentar