Logo
images

Pawai Santri Cinta Damai Kota Blitar 2019

Blitar Kota - Pawai Santri Cinta Damai yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2019 Kota Blitar berlangsung meriah. Ribuan santri turun ke jalan ikut memeriahkan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama bekerja sama Pemkot Blitar tersebut pada Sabtu (19/10).

Para santri dari berbagai unsur dan lapisan usia memadati alun-alun dan Jalan utama di depan Kantor Walikota sebelum kemudian mengikuti pawai yang melewati jalan-jalan protokol di Kota Blitar. Semua tampil dengan penuh kreatifitas dan semangat para santri. 

Ada yang tampil dengan lagu dan tari Islami, ada yang mengusung banner bertuliskan pesan-pesan keagamaan, ada yang memerankan tokoh dan pahlawan Islam, ada juga mobil hias santri dan lain-lain yang menambah semarak acara.

Pawai Santri Cinta Damai yang diberangkatkan oleh H. Solekan, Kepala Kemenag dan Rudy Wijonarko, Sekda Kota Blitar pada pukul 08.00 WIB tersebut, kata M. Kanzul Fathon, Kasi Pakis Kemenag dan Ketua Panitia, diikuti oleh 4.694 peserta. “Tetapi itu jumlah yang terdaftar, sedangkan fakta di lapangan jumlahnya sangat jauh berbeda,” ujarnya.
 
Panitia membagi 3 kelompok peserta. Kelompok A untuk jenjang SD/MI/Madin/TPQ jumlah pendaftarnya ada 43 kelompok dengan 1.500 peserta dan 22 mobil. Kemudian Kelompok B untuk jenjang SMP/MTs dan SMA/SMK/MA, jumlah pendaftarnya 15 kelompok dengan 2.139 peserta. Dan kelompok C atau Umum untuk Mahasiswa, Pondok Pesantren, Ormas Islam dan lain-lain ada 5 kelompok pendaftar dengan 1.055 peserta.

Fakta di lapangan, jumlah mobil yang tampil hampir dua kali lipat. Termasuk di mobil itu juga ada peserta tambahan yang tidak terdaftar. Belum lagi selain siswa SD dan MI yang tampil, banyak juga rombongan wali siswa yang tidak terdaftar tetapi juga mengikuti Pawai Santri Cinta Damai. Sehingga beberapa pihak mengklaim kegiatan ini diikuti sekitar 7.000 peserta. 

“Alhamdulillah, semua bisa berjalan lancar. Sesuai harapan semua pihak, yang salah satunya karena sinergi Kemenag dan Pemkot selalu kita jaga,” tambahnya.   

Sementara itu, H. Solekan menuturkan, kegiatan ini dilakukan dengan mengambil tema Santri Indonesia Untuk Perdamaian. Santri Unggul, Indonesia Makmur. Pawai Santri Cinta Damai ini merupakan momen yang tepat untuk memperkokoh ukhuwah Islamiyah seluruh umat Islam Kota Blitar. 

Selain itu juga untuk mengenang, meneladani, dan melanjutkan peran ulama dan santri dalam membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Mereka berkontribusi dalam membangun bangsa,” tegasnya. 

Lalu juga untuk menampakkan syiar dan dakwah Islam. Pawai Santri Cinta Damai tersebut juga bertujuan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme. Hal itu sangat penting. Santri juga harus ikut menjaga sekaligus mempertahankan NKRI dari pengaruh-pangaruh negatif dari luar.

Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu sukses acara Pawai Santri Cinta Damai Kota Blitar Tahun 2019. Banyak pihak yang memberikan apresiasi atas kesuksesan acara ini. “Semoga menjadi catatan amal baik kita semua,” pungkasnya. 


TAG

Dipost Oleh PPID Pemkot Blitar

Administrator website PPID Pemkot Blitar

Tinggalkan Komentar