Logo
images

Paguyuban Kesehatan Jiwa Sukorejo Akan Bentuk Satgas Kekambuhan ODGJ

Blitar Kota - Untuk memaksimalkan dalam penanganan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ), Paguyuban Kesehatan Jiwa Masyarakat Kecamatan Sukorejo Kota Blitar akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Kekambuhan ODGJ. Sebagai antisipasi jika terjadi kekambuhan diluar jam kerja pelayanan, petugas inilah yang akan melakukan tindakan.

Bagus Prijatmoko, Ketua Paguyuban Kesehatan Jiwa Masyarakat Kecamatan Sukorejo Kota Blitar ditemui Jum’at siang, (10/01/2020) mengatakan, dalam penanganan terhadap ODGJ belum maksimal. Meski sudah banyak kegiatan yang dilakukan. Seperti pengecekan kesehatan dan pelatihan pelatihan dalam Posyandu. Namun saat ini perlu adanya Satgas Kekambuhan ODGJ.

” Untuk mempermudah dalam penanganan, ketika ada yang kambuh diluar jam pelayaan kesehatan yang ditentukan. Sehingga para petugas inilah yang akan melakukan penanganan pengendalian. Karena jika dibiarkan bisa terjadi hal hal yang tidak diinginkan,”kata Bagus.

Bagus menambahkan, dalam membentuk Satgas nanti, ada keterpaduan lintas sektor. Selain dari paguyuban peduli sehat jiwa, juga ada unsur dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Kepolisian, TNI dan juga tokoh masyarakat di wilayah.

Bagus berharap, Satgas ini bisa secepatnya dibentuk. Targetnya tahun 2020 ini sudah ada. Masyarakat lebih sadar untuk turut serta dalam penanganan kesehatan jiwa masyarakat. Melaporkan jika terjadi kekambuhan yang tidak dapat ditangani sendiri. (Der)


TAG , , , , , , , ,

Dipost Oleh PPID Pemkot Blitar

Administrator website PPID Pemkot Blitar

Tinggalkan Komentar