Logo
images

ODF Kecamatan Sananwetan Capai 98 Persen

BLITAR - Indikator Kecamatan Sananwetan saat ini dinyatakan bebas dari perilaku buang air besar sembarangan, diantaranya 98% warganya sudah mempunyai jamban di rumah sendiri, dan tidak pernah buang air di sungai. Selain itu, prosentase itu sudah melebihi batas bawah ODF yang mencapai 95%, seperti yang disyaratkan Kementrian Kesehatan.
Drg. Agus Sabtoni Kepala Puskesmas Sananwetan Kota Blitar pada Selasa (17/10), mengatakan bahwa dari hasil uji lapangan Dinas Kesehatan Kota Blitar bersama Puskesmas Sananwetan serta Kecamatan Sananwetan, hampir semua warga saat ini sudah mempunyai jamban yang sesuai standar kesehatan. Meski saat ini ada 2% warga Kecamatan Sananwetan yang belum mempunyai jamban, setelah ditinjau langsung, ternyata kontur tanah pekarangan mereka tidak memungkinkan dibuat septic tank.
Drg. Agus Sabtoni menambahkan, pihaknya saat ini masih melakukan koordinasi dengan Kecamatan Sananwetan untuk membuat sanitasi komunal atau membuat jamban sehat bersama, agar 2% warga Kecamatan Sananwetan yang tidak mempunyai jamban tidak buang air besar sembarangan.
Bulan November 2017, Kecamatan Sananwetan akan mendeklarasikan diri sebagai Kecamatan bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Saat ini masih dilakukan proses verifikasi lapangan, untuk mencocokan data dari kecamatan dan Dinas Kesehatan, untuk mendapatkan data valid Open Defecation Free (ODF).(yud)


TAG OPD

Dipost Oleh PPID Pemkot Blitar

Administrator website PPID Pemkot Blitar

Tinggalkan Komentar