Logo
images

Masyarakat Tlumpu Antusias Menanam Alpukat Jago

BLITAR - Kelurahan Tlumpu Kecamatan Sukorejo Kota Blitar mengajak warganya untuk memanfaatkan lahan pekarangannya yang kosong untuk menanam tanaman Alpukat Jago. Kelurahan telah memberikan pelatihan penanaman Alpukat Jago. Pelatihan yang berlangsung tahun lalu, melibatkan sekitar 16 orang, perwakilan dari seluruh RT se kelurahan. Bahkan tidak hanya pelatihan saja, setelah mengikuti program pelatihan, peserta juga diberi bantuan bibit tanaman, yang ditanam di lahan-lahan kosong milik warga. Imbas positif dari program itu, saat ini banyak warga yang ikut menanam Alpukat Jago.
Hal ini disampaikan Mohammad Hasir, Lurah Tlumpu Kecamatan Sukorejo Kota Blitar pada Kamis (02/02), menurutnya, antusias masyarakat untuk menanam tanaman Alpukat Jago memang cukup tinggi. Meski setelah diberi pelatihan dan hanya diberi stimulant bibit sebanyak 16 batang, dan per RT hanya satu batang, namun karena warga banyak yang tertarik, mereka membeli dan mengambil bibit sendiri ke petani alpukat yang ada di daerah Ponggok Blitar, dengan anggaran pribadi mereka. Bahkan ada diantara warga yang sebelumnya menanam Blimbing diganti dengan tanaman Alpukat.  
Hasir menambahkan, tanaman Alpukat perawatannya mudah, tidak serumit tanaman Blimbing, bahkan sangat menguntungkan, karena baik bibitnya maupun buahnya cukup mahal. Diharapkan jika sudah diproduksi, nantinya dapat menambah penghasilan mereka.
Alpukat jago bisa produksi sekitar umur empat tahun. Alpukat jenis ini, perbiji buahnya bisa mencapai lebih dari 1 kg.(der)


TAG

Dipost Oleh PPID Pemkot Blitar

Administrator website PPID Pemkot Blitar

Tinggalkan Komentar