Logo
images

Hari Kedua Ekskavasi, BPCB Jawa Timur Temukan Temuan Baru

Blitar Kota –  Selasa, (8/10/2018), Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, memasuki hari kedua ekskavasi atau penggalian lokasi temuan arca kala di Kelurahan Gedog Kota Blitar. Hasilnya, BPCB Jawa Timur menemukan struktur tangga dan tepi bangunan candi. Demikian disampaikan Nugroho Jarjo Lukito, Ketua Tim Ekskavasi, BPCB Jawa Timur.

Nugroho mengatakan, ekskavasi dilakukan disisi selatan dan utara. Pihaknya memastikan, lokasi tersebut merupakan kompleks bangunan candi. Struktur bangunan mirip anak tangga yang terbuat dari batu bata, kata Nugroho, ditemukan di lokasi penggalian sisi utara. Merupakan pintu masuk menuju bangunan candi. Nugroho menegaskan, biasanya setelah anak tangga akan ada halaman candi, baru kemudian bangunan utama candi.

“Di sisi utara indikasi ada anak tangga, tapi masih asumsi awal karena runtuhannya tidak lebar. Ada pasangan bata yang disusun tapi kondisinya tidak untuh. Dibawahnya ada dua lapis yang menyatu masih membentuk struktur,” jelas Nugroho.

Sementara pada lokasi penggalian sisi selatan, tim menemukan struktur bangunan candi dari bata memanjang. Nugroho Dia memperkirakan bangunan struktur bata itu adalah bagian tepi candi. Meski demikian, pihaknya belum bisa memastikan bentuk bangunan candi. Namun pada umumnya, bangunan candi membentuk segi empat.

“Kami akan mencari struktur bata itu ke arah barat untuk mencari sudut yang mengarah ke utara. Dari situ akan diketahui separuh dimensi luas bangunan candi,” imbuh Nugroho.

Seperti diberitakan sebelumnya, BPCB Jawa Timur melakukan ekskavasi di lokasi diduga penemuan situs Candi Gedog sejak, Senin 07 Oktober 2019. Sesuai jadwal ekskavasi penyelamatan tahap awal akan berlansung selama lima hari. Hal ini merupakan tindak lanjut, setelah sebelumnya telah dilakukan observasi penemuan arca kepala kala di lahan jagung Kelurahan Gedog- Kota Blitar, awal September 2019 lalu. (Kir)


TAG

Dipost Oleh PPID Pemkot Blitar

Administrator website PPID Pemkot Blitar

Tinggalkan Komentar