Logo
images

Dukung Status Kota Layak Anak, Pemkota Blitar Gelar Musrenbang Tematik Anak 2020

Blitar Kota - Musrenbang Tematik Anak Kota Blitar 2019 berlangsung di Aula Satpol PP Kota Blitar, Selasa (03 /03/2020). Melibatkan perwakilan pelajar tingkat SMP, SMA, Dewan Perwakilan Anak (DPA), Forum Anak, dan beberapa organisasi pemuda lainnya.

Gigih Mardhana, Kepala Bidang Sosial, Budaya dan Evaluasi Pembangunan, Bappeda Kota Blitar mengatakan musrenbang tematik anak baru dilaksanakan tahun ini untuk mendorong partisipasi anak dalam proses pembangunan daerah. Nantinya rekomendasi dari peserta akan dibawa dalam forum perangkat daerah, dan finalnya pada Musrenbang tingkat Kota. Gigih menyebut, upaya ini akan membantu Pemerintah Kota dalam memenuhi hak-hak anak. Misalnya memberikan pendidikan layak anak, pelayanan kesehatan ramah anak, dan lainnya.

“Ini termasuk juga upaya menanggulangi permasalahan anak. Setiap komisi dalam forum ini membahas masalah anak yang sering terjadi. Mulai dari kekerasan, pornografi, perundungan, hingga dampak penggunaan gadget,” kata Gigih.

Sementara itu Djatmiko Budo Santosa, Asisten Administrasi Umum dan Pembangunan Kota Blitar menjelaskan musrenbang tematik anak ini, memperkuat status Kota Blitar sebagai Kota Layak Anak tingkat madya yang berhasil diraih tahun lalu. Pihaknya ingin usulan dari peserta bisa menjadi bahan penyusunan program RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) 2021 mendatang. Djatmiko juga berharap, dari musrenbang kali ini bisa lahir program-program yang tepat sasaran dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Lewat musrenbang ini, semua ide-ide, pola pikir dan masukan harus diakomodasi sesuai kemampuan anggaran. Termasuk mengakomoodasi partisipasi anak-anak,” tegas Djatmiko.

Dalam musrenbang kali ini dibagi menjadi 3 komisi yaitu, komisi 1 membahas pendidikan dan informasi layak anak, komisi 2 membahas kesehatan dan lingkungan ramah anak, komisi 3 membahas infrastruktur pembuangan ramah anak dan pencegahan kekerasan terhadap anak. (Kir)



Dipost Oleh PPID Pemkot Blitar

Administrator website PPID Pemkot Blitar

Tinggalkan Komentar