Logo
images

Do’a Bersama Dan Baritan Menjadi Acara Pokok Bersih Desa Kelurahan Tlumpu

Kegiatan awal sudah dilaksanakan sejak beberapa minggu lalu, namun untuk acara inti bersih desa Kelurahan Tlumpu Kecamatan Sukorejo Kota Blitar yang setiap tahun dilaksanakan dibulan Jawa Ba’da Mulud, hari Jum’at Kliwon akan dilaksanakan pada hari Kamis hingga malam Jum’at  (19/01).
Mohammad Hasir, Lurah Tlumpu Kecamatan Sukorejo Kota Blitar pada Selasa (17/01), menyebutkan bahwa serangkaian acara inti yang dilaksanakan pada hari H, berupa acara keagamaan dan selamatan. Dimulai dengan kirim do’a ke leluhur yang dilaksanakan di Pesarehan Ki Ageng Cokro Semedi, mulai pukul 06.00 WIB. Dilanjutkan dengan seaman Al Qur’an. Dimalam harinya ditempat yang sama juga dilaksanakan do’a bersama berupa tahlil akbar umat muslim. Sedangkan kegiatan lain yang dilaksanakan dihari yang sama, berupa Baritan di Balai Kelurahan Tlumpu yang dilaksanakan mulai pukul 16.00 WIB  dan malam harinya do’a bersama umat non muslim.
Hasir menambahkan serangkaian acara itu yang sudah diputuskan melalui surat keputusan yang ditanda tanganinya. Namun berdasarkan hasil kesepakatan, ada tambahan acara yang lain berupa Ruwatan atau Muwokolo dengan bentuk Ruwatan Santri. Dilaksanakan di Balai Kelurahan setelah do’a bersama umat non muslim.
Rangkaian kegiatan ini merupakan acara acara inti yang selalu dilakukan setiap tahun. Sehingga tidak bisa di tinggalkan. Yang arahnya untuk mendoakan leluhur dan doa demi keselamatan serta keberhasilan warga yang ada sekarang ini.(der)


TAG

Dipost Oleh PPID Pemkot Blitar

Administrator website PPID Pemkot Blitar