Logo
images

Dinkes Lakukan Sidak Keseluruh Apotek

BLITAR - Pasca beredarnya kembali pil PCC di sejumlah wilayah di Indonesia, membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar lebih intens lagi untuk melakukan sidak di sejumlah apotek di Kota Blitar. Beberapa waktu lalu, Dinkes Bidang Kefarmasian Alkes dan PKRT melakukan sidak di sekitar 40 apotek yang tersebar di Kota Blitar.
Sunarko Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Blitar, yang didampingi Hasan Munir Kasi Kefarmasian Alkes dan PKRT dan Yuli Inayati Apoteker Dinkes pada Kamis (28/09), menjelaskan bahwa sidak dilakukan di seluruh apotek tanpa terkecuali. Pada sidak itu pihaknya memeriksa seluruh obat yang tersedia di apotek tujuan, untuk mengetahui apakah terdapat obat yang dilarang beredar seperti pil PCC atau tidak. Selain itu, juga untuk mengecek stok barang apakah sesuai dengan yang tertulis atau tidak. Narko menjelaskan, berdasarkan sidak yang selama ini telah dilakukan, pihaknya tidak menemukan adanya obat terlarang yang dijual di apotek di seluruh Blitar. Namun meski demikian ia menghimbau, jika ada masyarakat yang menemui atau mendapatkan obat PCC, bisa lansung dilaporkan ke pihak terkait, seperti Dinas Kesehatan atau kepolisian.
Di tempat yang sama Yuli Inayati Apoteker Dinkes Kota Blitar menjelaskan, dalam setiap sidak yang dilakukan, pihaknya selalu menelusuri dari mana asal obat yang dijual, serta terkait dengan ke-legal-an obat. Sementara berkaitan dengan pil PCC Yuli menjelaskan, pil ini mengandung carisoprodol yang merupakan obat impor dan peredarannya dilarang di Indonesia. Sehingga pihaknya mengaku bingung, bagaimana bisa beredar di sejumlah wilayah di Indonesia. Untuk itu pihaknya akan terus melakukan sidak, rutin di seluruh apotek di Kota Blitar sebagai pencegahan.
PCC atau Paracetamol Cafein Carsoprodol merupakan obat berbahaya, karena memiliki banyak efek samping seperti euphoria, halusinasi, kejang hingga menyebabkan kematian. Obat ini juga tidak pernah terdaftar di Badan POM.(vik)


TAG OPD

Dipost Oleh PPID Pemkot Blitar

Administrator website PPID Pemkot Blitar

Tinggalkan Komentar