Logo
images

Dinas PUPR Gelar Sosialisasi di SMKN 1 Kota Blitar

Blitar Kota - Sosialisasi perizinan pemanfaatan ruang yang diselenggarakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Blitar berlangsung di aula SMKN 1 kota Blitar, Rabu, (26/02/2020). Kegiatan diikuti perwakilan siswa Departemen Bangunan yang terdiri dari jurusan Desain Permodelan Informasi Bangunan (DPIB) dan Bisnis Konstruksi Properti (BKP).

Tony Hermawanto, Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi siswa tentang pentingnya perizinan pemanfaatan ruang terutama Izin Mendirikan Bangunan (IMB) baru. Menurutnya sosialisasi ini penting karena materi yang disampaikan narasumber tidak dimuat dalam mata pelajaran. Selain itu, juga memberikan peluang pada siswa agar bisa membantu masyarakat dalam menyediakan persyaratan teknis saat melakukan pembangunan gedung, mulai perencanaan sampai pelaksanaan. Hal itu harus dipahami dengan baik karena terdapat peraturan pemerintah yang harus dipatuhi pelaksana konstruksi.

“Mungkin materi tentang peraturan - peraturan pemanfaatan ruang, izin mendirikan bangunan belum didapatkan di sekolah. Kita harapkan peserta menjadi paham, aturan - aturan pemerintah terkait pembangunan gedung mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan, ” kata Tony.

Sementara itu, Pandu Syaiful, salah satu peserta kelas 11 DPIB memberikan apresiasi positife atas terselenggaranya sosialisasi Perizinan Pemanfaatan Ruang di sekolahnya. Menurutnya materi yang disampaikan sangat cocok dengan jurusan di Departemen Bangunan. Pandu juga mengaku mendapat banyak pengetahuan baru, karena materi yang disampaikan belum pernah ia dapat di sekolah. Mulai dari ketetuan mendirikan bangunan dan ketentuan menggambar bangunan .

“Materi yang disampaikan sangat cocok dengan jurusan kami. Saya juga mendapat banyak pengetahuan baru misalnya tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB), ” jelas Pandu.

Sekedar diketahui, Sosialisasi Perizinan Pemanfaatan Ruang dimulai sekitar jam sembilan pagi. Diawali dengan sambutan Kepala SMKN 1 Kota Blitar lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Tony Hermawanto dengan materi ketetuan mendirikan bangunan. Serta Kasi Bina Konstruksi Dinas PUPR dengan materi ketentuan menggambar Bangunan. (Iqb, Kir)


TAG , , , , ,

Dipost Oleh PPID Pemkot Blitar

Administrator website PPID Pemkot Blitar

Tinggalkan Komentar