Logo
images

Di bulan Suro, Kecamatan Sukorejo Gelar Grebek Suro atau Parade Jaranan

Blitar Kota - Untuk pertama kalinya, Kecamatan Sukorejo Kota Blitar menyelenggarakan Grebek Suro. Dalam rangka 1 Muharam 1441 Hijriah. Diisi dengan Parade Jaranan yang berlangsung Minggu, (15/09/2019). Pagelaran yang dilakukan dalam bentuk kirab yang diberangkatkan Tri Iman Prasetyono, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar ini diikuti 16 grup kesenian jaranan. Start di Jalan Jati depan Kantor Kecamatan, sekitar pukul 12.30 WIB dan finish di Lapangan Kelurahan Turi.

Juyanto, Camat Sukorejo Kota Blitar mengatakan, Grebek Suro sebenarnya direncana awal dilaksanakan tepat tahun baru Islam, tanggal 1 Muharam 1441 hijriah atau 1 Suro. Namun karena menyesuaikan waktu dengan kesibukan yang lain, akhirnya mundur dan baru dilaksanakan (15/09/2019) yang kebetulan juga tanggal 15 bulan Suro.

Juyanto menambahkan, memilih kesenian Kuda Lumping atau Jaranan, karena selama ini Kuda Lumping memang sudah dikenal dan akrab ditengah tengah masyarakat. Didalamnya juga ada nilai nilai budaya yang perlu dicermati oleh masyarakat.

“ Selain mengisi bulan Suro, Parade Jaranan yang juga difestivalkan ini juga sebagai sarana pembinaan dalam melestarikan kesenian tradisional,”kata Juyanto.

Dari 16 Grup Jaranan yang mengikuti festival diambil juara I hingga III dan Harapan I. Dengan hadiah berupa tropy dan uang pembinaan. Dengan besaran, juara I Rp. 3,5 juta, juara II Rp. 3 juta, juara III Rp.2,5 juta dan juara harapan I Rp. 1,5 juta. (Der)


TAG , ,

Dipost Oleh PPID Pemkot Blitar

Administrator website PPID Pemkot Blitar

Tinggalkan Komentar